Tips Ikut Perkumpulan Mahasiswa di Kampus

Tips Ikut Perkumpulan Mahasiswa di Kampus

Sebagai mahasiswa, sebisa mungkin Anda harus aktif berkegiatan di berbagai perkumpulan yang ada di kampus. Dengan mengikuti perkumpulan mahasiswa tersebut ternyata memberikan dampak serta manfaat positif untuk diri Anda sendiri yang tidak bisa didapatkan dari kegiatan manapun.

Perkumpulan atau organisasi mampu mengembangkan diri Anda dengan cara yang lebih luas serta bebas. Mahasiswa yang aktif berorganisasi tentunya memiliki karakter berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kelas saja.

Tidak hanya itu, perkumpulan kampus juga memiliki sejumlah manfaat lain yang dijamin akan membantu Anda mendapatkan karakter dan karir yang diinginkan di masa depan seperti yang akan kami bahas di bawah ini. 

Manfaat Ikut Perkumpulan Mahasiswa di Kampus

Sebelum membahas lebih jauh tentang tips dan cara masuk himpunan mahasiswa di kampus, sebaiknya ketahui terlebih dulu apa saja manfaat ikut perkumpulan mahasiswa agar semakin meyakinkan Anda, diantaranya adalah:

1. Memperluas Relasi

Manfaat paling umum yang akan Anda rasakan saat bergabung dengan perkumpulan mahasiswa adalah memiliki relasi atau teman banyak dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, tidak heran jika ada mahasiswa yang aktif berorganisasi sering memiliki relasi luas.

2. Melatih Diri Di Dunia Kerja

Bergabung dengan perkumpulan mahasiswa ternyata merupakan ajang untuk melatih diri sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Pasalnya cara kerja organisasi dan perusahaan hampir sama sehingga memberikan kesempatan untuk Anda mempersiapkan diri dan melatih skill profesional yang dibutuhkan.

3. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Soft skill memang sangat dibutuhkan, tetapi hal tersebut sia-sia jika Anda tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Dengan ikut perkumpulan di kampus maka Anda bisa sekaligus melatih public speaking agar semakin lancar dan fasih.

4. Belajar Manage Waktu

Dampak positif yang paling terasa setelah Anda join organisasi kampus adalah mampu mengelola waktu dengan baik. Semakin banyak kegiatan yang dijalankan maka akan semakin sedikit waktu, sehingga disinilah Anda harus mengasah kemampuan mengatur waktu dengan baik agar bisa efektif.

5. Melatih Jiwa Kepemimpinan

Kepemimpinan tidak dapat dimiliki begitu saja, tetapi harus dilatih dan salah satu caranya adalah dengan mengikuti perkumpulan mahasiswa yang bermanfaat. Setiap organisasi yang Anda ikuti biasanya banyak mengadakan pelatihan terkait leadership agar semua anggotanya dapat bertanggung jawab atas pekerjaan mereka.

Nah setelah mengetahui apa saja manfaat ikut perkumpulan di kampus, apakah kini Anda berminat untuk mengikuti organisasi yang ada? Namun jangan gegabah, Anda harus mengetahui apa saja tips sebelum daftar ke perkumpulan yang diinginkan agar bisa memberikan value untuk diri Anda. 

5 Tips Ikut Perkumpulan Mahasiswa

Menjadi mahasiswa baru biasanya mudah terhasut oleh kakak tingkat sehingga jika Anda tidak berhati-hati cenderung lebih mudah masuk ke organisasi yang tidak sesuai. Hal inilah yang membuat Anda harus tahu apa saja tips ikut perkumpulan di kampus. 

Adapun berikut ini merupakan sejumlah tips yang harus Anda lakukan saat hendak join perkumpulan agar tidak ditolak organisasi kampus. Lalu apa saja kiatnya? Di bawah ini penjelasannya!

1. Passion

Ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih perkumpulan yang cocok dengan diri sendiri. Anda wajib menemukan organisasi yang bergerak di bidang yang Anda senangi dan seirama dengan passion. Hal ini bertujuan agar nantinya Anda bisa mengembangkan diri dengan senang hati dan skill dalam diri pun bisa ikut meningkat pula.

2. Kemampuan

Sebaiknya Anda mengikuti perkumpulan mahasiswa yang sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai ikut lebih dari dua organisasi sekaligus jika tidak kuat karena nantinya malah membuat Anda kewalahan karena tanggung jawab yang semakin besar. Lebih baik ikut satu organisasi saja tetapi memiliki dampak yang signifikan.

3. Manfaat

Perkumpulan yang Anda ikuti tersebut haruslah memberikan manfaat besar. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi perkumpulan tersebut juga harus berdampak untuk lingkungan bahkan kehidupan manusia lain. Anda wajib memilih perkumpulan yang mampu mendukung dunia kerja, memperluas jaringan pertemanan, hingga paham akan isu sosial.

4. Dukungan

Jika Anda bertanya apakah penting mengikuti organisasi di kampus, maka jawabannya penting selagi perkumpulan tersebut mampu mendukung perkuliahan Anda. Jangan sampai terlalu fokus berorganisasi tetapi kewajiban Anda sebagai mahasiswa malah terhenti. 

5. Hindari Alasan Ikut Teman

Satu hal yang harus Anda hindari saat hendak masuk organisasi kuliah adalah “ikut teman.” Pastikan untuk menghindari alasan tersebut karena nantinya akan cenderung sulit bertahan lama di organisasi tersebut. Lebih baik temukan minat yang sesuai daripada harus ikut apa kata teman.

Dengan melakukan 5 tips ikut perkumpulan mahasiswa di atas, dijamin Anda bisa masuk ke organisasi mana saja yang diinginkan selama perkumpulan tersebut memang sesuai dengan minat dan passion Anda. Apakah Anda sudah menentukan?

Dalam berorganisasi, ada banyak skill yang harus dikuasai salah satunya adalah desain grafis. Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi jika tidak bisa editing, pasalnya Rajaframe hadir memberikan dukungan untuk mahasiswa yang ingin membuat poster kampanye di media sosial.

Rajaframe menyuguhkan kemudahan untuk semua orang baik itu organisasi, komunitas, hingga perusahaan dalam membuat desain poster yang dibutuhkan saat hendak melangsungkan sebuah kegiatan. Cara kerjanya pun cukup mudah, Anda bisa langsung berkunjung ke website resmi Rajaframe sekarang juga.

Dengan demikian, Anda bisa langsung join perkumpulan mahasiswa dan memiliki skill editing poster kampanye bersama Rajaframe yang siap menyediakan pilihan desain terbaik. Yuk segera kunjungi laman Rajaframe sekarang juga. 

Baca Juga