Karir Cemerlang SEO Specialist di Berbagai Perusahaan

Karir Cemerlang SEO Specialist di Berbagai Perusahaan

Optimisasi mesin telusur persis seperti yang tersirat dari namanya, Search Engine Optimization. SEO Specialist fokus pada pengoptimalan mesin pencari untuk meningkatkan hasil pemasaran. Pada intinya, profesi ini bertugas menetapkan strategi posting materi. Kata atau frasa tertentu akan digunakan untuk mengisi web untuk meningkatkan lalu lintas situs web perusahaan dan visibilitasnya dalam hasil pencarian di berbagai mesin pencari. Jutaan situs web bersaing untuk mendapatkan posisi teratas di halaman hasil Google dan para pemilik situs web dapat meningkatkan keuntungan dengan cara ini karena lebih banyak audiens target yang dapat dijangkau.

Sejumlah teknik SEO harus digunakan untuk mengoptimalkan situs web agar dapat mencapai peringkat teratas. Seorang ahli SEO diperlukan dalam situasi ini, itulah sebabnya SEO Specialist berguna. Tidak hanya itu, seorang SEO Specialist juga perlu mengetahui strategi pemasaran yang dapat memaksimalkan lalu lintas situs web, seperti desain tata letak website dan copywriting SEO. Untuk mengoptimalkan pendapatan, seorang SEO Specialist juga harus mahir dalam pemasaran pada mesin pencari yang mencakup strategi terhadap mesin pencari terkenal seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Apa Itu SEO Specialist?

Melakukan optimisasi mesin pencari adalah fokus pekerjaan spesialis SEO untuk memperluas pemasaran web. Halaman situs web harus diuji, dianalisis dan dioptimalkan oleh SEO Specialist agar mendapat peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google. Banyak bisnis menyewa konsultan SEO karena persaingan komersial yang ketat. Tugas seorang profesional SEO adalah memastikan bahwa situs web perusahaan dapat mencapai peringkat tinggi di halaman hasil mesin pencari. Seperti yang tersirat dari nama profesi mereka, mereka akan menggunakan berbagai strategi SEO dalam upaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau disebut user experience (UX), meningkatkan lalu lintas web, dan membangun kesadaran merek atau brand awareness untuk perusahaan mereka.

Dengan kata lain, pekerjaan ini adalah bagian dari tim pemasaran digital karena tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan tim sales. Pada intinya, profesi SEO Specialist bertugas menetapkan meningkatkan lalu lintas situs web perusahaan dan visibilitasnya pada hasil pencarian di berbagai mesin pencari. Tidak hanya itu, ia juga perlu mengetahui strategi yang tepat yang dapat memaksimalkan lalu lintas situs web. Seorang SEO Specialist juga harus mahir dalam pemasaran mesin pencari, yang mencakup strategi pemasaran melalui mesin pencari terkenal seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Karir SEO Specialist

Jika Anda akan memulai karir Anda sebagai SEO junior, nanti Anda bisa naik menjadi eksekutif SEO dimana Anda dapat naik ke posisi manajer SEO setelah dua hingga tiga tahun di posisi ini. Head SEO kemudian dapat memegang jabatan  ini. Namun, karena SEO pada dasarnya adalah jenis pemasaran digital, Anda juga dapat beralih ke posisi divisi pemasaran lain yang sebanding. Sebelum akhirnya berfokus pada pemasaran digital atau SEO, banyak pakar SEO memulai karir mereka sebagai karyawan tim pemasaran.

Anda harus menyadari bahwa menjadi ahli di bidang SEO tidak memerlukan pengalaman spesifik sebelumnya. Banyak orang meninggalkan industri lain, termasuk komunikasi, pemasaran, atau TI, dan beralih ke dunia SEO. Anda akan memegang pekerjaan Junior SEO ketika Anda memulai profesi ini. SEO junior atau pemula biasanya akan terlibat dalam komponen SEO yang lebih mendasar. Selain itu, mereka akan maju ke tanggung jawab yang lebih strategis saat mereka mendapatkan keahlian dan akhirnya menjadi pengawas tim.

Sebelumnya Anda perlu memiliki beberapa pengalaman seperti di bidang pemasaran digital, sebelum Anda bisa menjadi SEO Specialist. Karena pengalaman magang akan memberi Anda berbagai pengalaman berharga, terutama jika Anda membantu perusahaan tempat magang meningkatkan lalu lintas web. Untuk menunjukkan keahlian Anda di bidang ini, Anda dapat memulai melakukan optimasi situs web atau blog Anda sendiri. Jika Anda memiliki minat yang kuat pada SEO, menjadi SEO Specialist bisa menjadi karir yang menarik. Bekerja di industri SEO biasanya menawarkan fleksibilitas, oleh karena itu beberapa perusahaan mengizinkan profesi ini untuk bekerja dari jarak jauh atau dari rumah. 

Keahlian  yang Diperlukan

Syarat untuk menjadi seorang SEO Specialist adalah Anda harus bersemangat belajar tentang pemasaran digital dan berkomitmen untuk mengikuti perkembangan teknologi. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan ini, Anda harus memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan keterampilan analisis algoritma Google. Alasannya adalah karena seorang ahli SEO seharusnya dapat memperkirakan strategi yang cocok untuk menyesuaikan dengan algoritma Google. Selain itu, seorang ahli SEO perlu mengetahui bagaimana konsumen menggunakan internet untuk mencari dan membeli barang. 

Tugas SEO Spesialis

  • Membuat taktik optimasi untuk meningkatkan penempatan situs web pada hasil mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dipilih
  • Melakukan riset kata kunci untuk digunakan di semua halaman web atau materi pemasaran lainnya
  • Melakukan identifikasi strategi yang digunakan pesaing untuk meningkatkan lalu lintas organik
  • Memeriksa efektivitas pencarian organik dan menemukan aspek yang dapat ditingkatkan
  • Memantau kinerja harian untuk mengukur seberapa baik pendekatan SEO Anda bekerja
  • Membuat dan menggabungkan rencana pemasaran konten
  • Membantu peringkat situs web lebih tinggi untuk kata kunci tertentu di mesin telusur
  • Membuat saran perubahan pada konten, tautan, dan arsitektur situs web
  • Membuat dan menerapkan link building yang aman
  • Bekerja sama dengan tim web developer untuk memastikan strategi SEO diterapkan dengan benar

Berapa Gaji SEO Specialist?

Berapa sih gaji seorang SEO Specialist? Jabatan SEO Specialist terbagi 2 yaitu level junior dan senior. Junior SEO bertugas sebagai asisten dari senior. Anak magang yang membantu pekerjaan di bidang SEO sudah termasuk level junior, tetapi gajinya ditentukan oleh seberapa besar pengetahuan dan pengalamannya membantu di bidang SEO. Jika ia sudah pernah membantu perusahaan di bidang SEO minimal 1 tahun, maka gaji Junior SEO berada di kisaran Rp.3 juta/bulan. Jika seorang junior SEO bisa menangani optimasi SEO sendiri untuk web perusahaan, maka dengan sendirinya jabatannya naik menjadi senior atau disebut "SEO Specialist" saja. Gaji SEO Specialist sendiri berada di kisaran Rp.5-7 juta/bulan. Seorang SEO Specialist yang sudah memiliki pengalaman menangani SEO untuk perusahaan minimal 2 tahun maka ia sudah bisa naik menjadi Head SEO.

Seorang Head SEO dituntut untuk mencapai target perusahaan. Selain itu ia harus memiliki kemampuan yang lebih kompleks mulai dari membuat strategi, analisa, perencanaan, membuat laporan, membaca Google Analytic, memiliki pengetahuan berbagai tools SEO, mengerti cara membuat konten SEO, mengerti copywriting, dsb. Gaji Head SEO internal berada di kisaran Rp.7-10 juta/bulan. Head SEO internal artinya ia hanya menangani optimasi SEO untuk website perusahaan tempat ia bekerja saja. Sedangkan Head SEO yang bekerja di agensi atau sering disebut SEO Digital Marketing, gajinya berada di kisaran Rp.15-20 juta/bulan. Tapi tentunya seorang SEO Digital Marketing harus memiliki keahlian tambahan yaitu public speaking, karena ia harus bisa melakukan presentasi prospek dan strategi SEO kepada klien perusahaan. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memulai karir menjadi SEO Specialist? Gunakan RajaSEO.com untuk riset.

 

Baca Juga