Inilah 9 Makna Hari Kemerdekaan Indonesia yang Harus Kamu Resapi

Inilah 9 Makna Hari Kemerdekaan Indonesia yang Harus Kamu Resapi

Selain merayakan secara meriah pada tanggal 17 Agustus, makna hari kemerdekaan pun harus diresapi. Hal ini penting untuk dilakukan agar tidak terlena dalam kemeriahan dan menjadikan hari kemerdekaan pun sebagai waktu untuk evaluasi dan refleksi diri. Berikut ini beberapa makna dari hari kemerdekaan Indonesia yang harus diresapi.

1. Sebagai Pengingat Sejarah

Hari kemerdekaan merupakan hari yang penuh sejarah dan perjuangan rakyat Indonesia. Peringatan hari kemerdekaan si setiap tahunnya harus dijadikan sebagai pengingat bagaimana kemerdekaan Indonesia diraih, perjuangan apa saja yang telah dilakukan serta pengorbanan apa saja yang sudah diberikan.

Dengan menjadikan hari kemerdekaan sebagai pengingat, Anda tidak akan hanya bersuka-cita dalam merayakannya, tetapi juga mengingat kembali perjuangan rakyat Indonesia dalam meraih kemerdekaan dan juga akan mengenang para pahlawan yang sudah tiada.

2. Menumbuhkan Rasa Toleransi

Meskipun sudah merdeka selama puluhan tahun, rasa toleransi pada masyarakat Indonesia masih cukup rendah. Masih terlihat kasus-kasus menghina atau merendahkan suku/agama/daerah lain yang berbeda. Salah satu makna hari kemerdekaan yang sangat dalam yaitu pentingnya menumbuhkan rasa toleransi.

Dulu, Indonesia bisa merdeka tidak hanya oleh satu golongan atau satu daerah saja, tetapi hasil dari perjuangan seluruh rakyat Indonesia. Oleh karena itu, makna yang harus diresapi dari hari kemerdekaan adalah untuk tidak membeda-bedakan agama, suku, ras dalam bermasyarakat dan bersosialisasi.

3. Momen untuk Membuang Ego Masing-masing

Membuang ego adalah tindakan yang cukup sulit dilakukan. Agar perayaan hari kemerdekaan Indonesia dapat berjalan lancar, perlunya ada kesepakatan yang biasanya perlu untuk membuang ego.

Anda harus memperingati perayaan hari kemerdekaan sebagai rakyat Indonesia yang baik tanpa menyinggung pihak lain. Contohnya jika menjadi panitia perayaan, maka setiap pihak yang berkontribusi harus menurunkan ego masing-masing agar perayaan berjalan lancar dan dapat dinikmati oleh semua pihak tanpa ada perselisihan.

4. Sifat Kemandirian

Makna hari kemerdekaan selanjutnya yaitu kemandirian. Setelah mendapatkan kemerdekaan, pada hakikatnya Indonesia sudah mandiri dan tidak lagi menggantungkan nasib kepada bangsa lain. Kemandirian tersebut dalam beberapa aspek penting, seperti ideology, hukum, politik dan pendidikan.

Namun, kemandirian ini bukan membuat Indonesia tidak melakukan kerja sama dengan negara lain karena dalam aspek lainnya Indonesia pun masih proses berkembang. Meski melakukan kerja sama, makna kemandirian ini dapat menjadi motivasi agar tetap tidak terlalu bergantung kepada negara lain.

5. Naiknya Martabat Bangsa

Sebelum hari kemerdekaan, bangsa Indonesia dianggap sebagai bangsa jajahan dan dinilai rendah oleh negara lain. Bangsa Indonesia dianggap tidak mempunyai hak yang setara dengan negara-negara yang sudah berdaulat. Hingga akhirnya saat proklamasi kemerdekaan, martabat bangsa Indonesia naik di mata dunia.

Dan selama Indonesia terus maju untuk menjadi bangsa dan negara yang unggul, martabat bangsa Indonesia pun terus naik. Negara Indonesia dan bangsanya mempunyai beberapa julukan bagus dan hebat di mata dunia. Makna hari kemerdekaan yang satu ini dapat diresapi sebagai motivasi untuk menjadi pribadi yang hebat sebagai rakyat Indonesia.

6. Rasa Nasionalisme

Kemerdekaan Indonesia terwujud karena kecintaan para pahlawan dan pendiri bangsa terhadap tanah air Indonesia ini. Rasa senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang terjajah dirasakan oleh rakyat Indonesia kala itu. Rasa nasionalisme dalam diri mereka yang menjadi penumpas rasa takut dan pesimis.

Mereka akhirnya terus memperjuangkan kemerdekaan sampai kemerdekaan itu benar-benar didapatkan. Dari makna hari kemerdekaan ini, sebagai penerus bangsa harus tertanam rasa nasionalisme dalam diri. Dengan kecintaan terhadap tanah air akan menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa merugikan bangsa dan negara.

7. Perjuangan Belum Berakhir

Perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan membutuhkan waktu yang lama dan perjuangan yang berat. Bahkan setelah proklamasi kemerdekaan pun, Indonesia belum lepas sepenuhnya dari penjajahan Belanda. Keadaan Indonesia pun masih banyak yang harus diperbaiki.

Hal ini membuat hari kemerdekaan memiliki makna bahwa perjuangan tetap belum berakhir. Meskipun sudah terlepas dari penjajahan, Indonesia harus tetap berjuang untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang adil serta makmur.

8. Simbol Kemenangan

Kemerdekaan Indonesia merupakan simbol kemenangan atas perjuangan para pahlawan dari para penjajah. Makna yang bisa diresapi yaitu Anda harus memperjuangkan cita-cita atau sesuatu yang ingin dicapai agar sampai pada kemenangan. Dan kemenangan ini, sebagian besar harus dengan perjuangan yang sakit dan berat.

9. Pemersatu Bangsa

Hari kemerdekaan menjadi peristiwa pemersatu bangsa Indonesia. Seluruh lapisan dan golongan masyarakat dari berbagai agama, ras dan suku bersatu atas nama Indonesia. Dewasa ini, makna tersebut dapat dijadikan sebagai refleksi bersama agar tidak mudah terpecah belah karena perbedaan yang dimiliki.

Itulah beberapa makna hari kemerdekaan Indonesia yang bisa diresapi dan diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat sebagai bangsa Indonesia. Dengan meresapi hal-hal di atas, peringatan hari kemerdekaan akan terasa lebih bermakna.

Baca Juga