Hashtag Bagian Strategi Social Media Marketing yang Murah & Efektif

Hashtag Bagian Strategi Social Media Marketing yang Murah & Efektif

Chris Messina, pakar pemasaran Twitter, menggunakan simbol hashtag # sebelum orang lain. Pada musim panas 2007, hashtag ini pertama kali digunakan. Saat itu, Messina merekomendasikan penggunaan hashtag sebagai cara untuk menunjukkan tweet terkait pada suatu subjek. Penggunaan hashtag yang populer pertama kali adalah di Twitter. Namun, kini telah menyebar ke platform media sosial lain seperti Instagram, Facebook, Tumblr, dan lainnya.

Saat ini, hashtag digunakan di sejumlah platform media sosial penting lainnya selain Twitter. Tanda hash (#) ditempatkan di depan kata kunci, contohnya seperti #Rajaframe dan ditulis tanpa spasi. Biasanya, hashtag digunakan untuk mengkategorikan konten media sosial ke dalam topik tertentu. untuk memudahkan audiens menemukan konten media sosial yang mereka sukai. Saat ini, hashtag digunakan di hampir semua media sosial. Instagram, Twitter, dan TikTok adalah beberapa contohnya. 

Jenis Hashtag Instagram

Pengguna Instagram dapat menggunakan tagar berikut:

  1. Hashtag yang luas, seperti: #InternetMarketing, #MasakanIndonesia
  2. Hashtag dengan merek tertentu, seperti #Nike #Adidas
  3. Hashtag khusus, seperti #JasaKomenFacebook #JasaFollowerInstagram
  4. Hashtag komunitas, seperti #HondaScoopyClub #GreatCorollaJakarta
  5. Hashtag untuk lokasi, seperti #Bandung #Jakarta
  6. Hashtag populer, seperti #CitayamFashionWeek #SCBDFashionWeek

Tiga kategori lebih lanjut membagi hashtag merek, yaitu:

  1. Hashtag merek, seperti #Nike
  2. Hashtag merk dengan slogan, seperti #NikeJustDoIt
  3. Hashtag merek alternatif, seperti #NikeAirJordan

Cara Penggunaan Hashtag

Anda perlu mengetahui cara menggunakan hashtag secara efektif sesuai dengan jenisnya dengan benar. Jutaan pengguna di platform media sosial lainnya menggunakan hashtag yang relevan. Postingan yang diberi hashtag dengan benar akan mudah ditemukan oleh audiens. Berikut ini cara menggunakan hashtag agar pemasaran Anda berjalan sesuai dengan harapan. 

1. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Pastikan hashtag yang Anda gunakan sesuai dengan gambar atau video yang diunggah jika Anda ingin membuat hashtag yang efektif. Pengguna media sosial dapat menemukan konten yang mereka inginkan dengan menggunakan hashtag terkait. Dengan kata lain, Anda dapat menargetkan posting Anda ke audiens yang Anda ingin jangkau. Pengguna media sosial yang menemukan dan melihat hashtag Anda dapat melaporkan jika hashtag Anda tidak relevan.

2. Jumlah Hashtag

Pengguna Instagram diperbolehkan untuk menggunakan maksimal hingga 30 hashtag per posting. Tapi tidak baik menggunakan 30 hashtag di caption Instagram Anda. Anda perlu membaginya yaitu sebagian ada di keterangan, dan sebagian ada di komentar pertama. Jumlah follower juga Anda dapat mempengaruhi berapa banyak hashtag yang bisa Anda gunakan pada setiap postingan.

Cara Penggunaan Hashtag Khusus

Apakah Anda mencari cara untuk mempermudah orang menemukan konten Anda? Untuk komunitas, toko online, dan bisnis pada umumnya, menggunakan hashtag khusus adalah langkah yang bijaksana. Anda dapat memulai dengan mempelajari hashtag mana yang sering digunakan oleh pesaing niche Anda.

Anda dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas follower Anda dengan memanfaatkan niche atau hashtag berbasis konten karena orang yang mengikuti akun media sosial dari hasil pencarian hashtag sering menjadi klien potensial. Targetkan segmen audiens Anda yang paling terlibat dengan hashtag yang tepat dan konten terkait. Ini akan menjamin Anda mendapatkan audiens yang paling menghargai konten Anda.

1. Hashtag Populer

Hashtag ini menunjukkan subjek atau kejadian yang relevan yang sedang tren atau populer saat ini. Hashtag jenis ini tidak dapat diandalkan untuk keterlibatan jangka panjang, tetapi sangat bagus untuk memanfaatkan momen dan topik yang singkat namun sedang tren. Untuk membantu bisnis Anda menjangkau audiens baru, gunakan hashtag trending dengan konten yang berkaitan.

2. Hashtag Logo

Hashtag bermerek adalah hashtag yang dikembangkan oleh perusahaan untuk mewakili merek perusahaan. Jika hashtag muncul di hasil pencarian, maka lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Membuat hashtag untuk merek perusahaan, bagaimanapun akan sangat berguna. Ketika hashtag bermerk digunakan dengan benar, ini bertindak sebagai rute langsung bagi pengguna untuk menemukan konten Anda secara khusus. Mereka dapat mengakses semua konten tentang perusahaan Anda dengan mengklik hashtag.

3. Hashtag Produk

Apakah perusahaan Anda menyediakan banyak produk? Anda bisa menggunakan hashtag saat mempromosikan produk atau layanan Anda di media sosial. Hal ini akan lebih efektif untuk masing-masing produk. Hashtag untuk produk dapat membantu pelanggan untuk menemukan produk yang mereka butuhkan. Hanya saja mungkin sedikit sulit bagi pelanggan untuk memilah sekian banyak foto produk dan menemukan pilihan yang mereka minati. 

4. Hashtag Trending

Mengikuti tren adalah salah satu kunci untuk memanfaatkan media sosial dengan baik. Ide ini bisa diterapkan pada penggunaan hashtag Instagram. Konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram jika Anda menggunakan hashtag yang sedang digunakan dalam trending topic. Anda bisa membuat konten bertema liburan dan menggunakan hashtag liburan. 

5. Hashtag Ajakan

Alat pemasaran yang efisien dapat berupa hashtag dengan ajakan, misalnya #ayokerja! Tweet ajakan ini efektif karena berhasil memanfaatkan karakteristik media sosial secara alami. Gunakan hashtag ajakan secara eksklusif pada konten yang terkait dengan kampanye tersebut.

Kesimpulan

Selalu tinjau penggunaan hashtag Instagram Anda secara teratur. Anda mungkin menemukan hashtag yang paling efektif untuk dimasukkan ke dalam posting Anda dari waktu ke waktu. Tapi tren hashtag juga bisa berubah seiring dengan tren media sosial. Karena itu, Anda harus tetap terkini agar selalu melihat hashtag mana yang paling berguna. 

 

Baca Juga