Fazio Skutik Vintage Look dengan Segudang Teknologi

Fazio Skutik Vintage Look dengan Segudang Teknologi

Meski baru dirilis baru-baru ini, Yamaha Fazzio telah menerima banyak pesanan. Yamaha Fazzio menyediakan aksesoris port yang memungkinkan pengendara untuk mengekspresikan diri sesuai dengan gaya, kepribadian, dan selera pribadi penggunanya. Tersedia pengait yang dapat digunakan untuk membawa benda seperti bola basket dan sepatu lebih aman dan nyaman. Yamaha Fazzio juga hadir dengan gantungan bagasi kembar dengan mekanisme penguncian carabiner. Alhasil, lebih praktis dan efisien saat mengangkut banyak barang. Sepeda motor ini memiliki tangki bahan bakar yang menampung 5,1 liter dan tangki kargo yang menampung 17,8 liter.

Keunggulan Fazio

1. Desain Skuter Bergaya

Fazzio memperkenalkan filosofi desain baru untuk kategori skutik perkotaan. Memberikan nuansa vintage pada skuter Fazzio sehingga tampak seperti Vespa pertama kali rilis. Seperangkat lampu sein ditempatkan di bodi depan, bersama pernak-pernik ikat depan dengan detail tiga dimensi di bagian bawah headlamp, untuk menghasilkan tampilan Fazzio modern tradisional. Yamaha QBIX, yang terlihat di kancah Indonesia tahun lalu dan memiliki sisi yang berbentuk kotak di kiri dan kanan, menunjukkan sisi bodi. Area pijakan kaki yang datar dan berorientasi penyimpanan memiliki pijakan kaki. Ya, meski lampu sein tetap menggunakan bohlam tradisional, adopsi teknologi LED pada lampu depan dan stop lamp berkontribusi pada desain kontemporer kendaraan.

2. Sangat Berteknologi

Sebagai skutik kontemporer, Fazzio menawarkan sejumlah fitur berteknologi tinggi. Ini memiliki start push tunggal, Y Connect, Smart Key System, outlet listrik, dan speedometer digital penuh. Masih tersedia Stop & Start System dan Smart Motor Generation (SMG). Untuk menghemat bahan bakar, fungsi ini dibuat. Sistem mati secara otomatis ketika posisi berhenti lebih dari tiga detik. Mesin hidup kembali ketika pegangan gas diputar. Suara mesin lebih halus saat pertama kali dihidupkan berkat kombinasi teknologi SSS dan Smart Motor Generation (SMG). Setelah mesin mulai mengisi baterai atau baterai, generator menyala.

3. Mesin Hibrid

Mesin bensin 125 cc di Fazzio adalah mesin 1 silinder, SOHC dengan AC dan injeksi fogging. Tenaga puncak dan torsi masing-masing 8,3 tenaga kuda dan 10,6 Nm pada 6.500 rpm. Mesin terhubung ke sistem hybrid, yang menawarkan akselerasi dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Dalam keadaan normal, komponen baterai menghidupkan sepeda motor, dan setelah motor dihidupkan, komponen Smart Motor Generator (SMG) dari Electric Power Assist Start mengisi ulang baterai dari daya baterai (EPAS). Penarikan pertama mesin, yang dirasakan selama tiga detik pertama, dicapai dengan menggabungkan dua sumber tenaga dari mesin konvensional dan EPAS-nya, yang keunggulannya menjadi lebih nyata selama akselerasi awal.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar

Kapasitas kargo skuter harian merupakan faktor penting untuk diperhitungkan. Fazzio dapat menampung 17,8 liter bagasi. Skuter kecil ini memungkiri luasnya bagasi. Kehadiran bagasi yang cukup besar ini memungkinkan untuk penyimpanan berbagai aksesoris berkendara serta barang-barang kecil lainnya seperti sepatu, jaket, jas hujan, atau kacamata. Selain itu, dapat digunakan untuk menyimpan helm setengah wajah dengan aman saat ditinggalkan di tempat parkir. Banyak area Fazzio dapat digunakan untuk meletakkan atau menyimpan barang selain bagasi.

Sisi kanan kompartemen depan adalah tempat botol air berukuran sedang dapat disimpan. Untuk mengangkut banyak benda, ada juga fungsi kait ganda yang berfungsi ganda sebagai gantungan barang. Beban terbesar yang dapat digantung menggunakan sistem ini adalah satu kilogram, dan menggunakan kunci carabiner yang praktis dan andal. Selain itu, Yamaha memberikan fazzio ekstra seperti softbag kaki dan bagasi eksterior dalam bentuk jaring, yang meningkatkan tampilan skuter tradisional dan atletis.

5. Harga Kompetitif

Ada dua model Yamaha Fazzio 125 Hybrid. Yang pertama adalah Connected Neo yang atletis, yang ditawarkan dalam warna Neo Cyan, Neo Red, Neo Black, dan Neo Beige. Biaya resminya Rp. 21,7 juta OTR. Fazio Hybrid Lux, variasi kedua, ditawarkan dalam warna yang lebih mewah. Hanya ada dua warna yang ditawarkan, keduanya dibanderol Rp 22 juta OTR: Prestige Silver dan Matte Black. Pelanggan yang mencari skuter 125 cc dengan teknologi Yamaha terbaru akan menganggap harga ini masuk akal.

Komunitas Fazio

Sebelum Yamaha Fazzio diperkenalkan secara resmi, konsep membuat komunitas digagas setelah mengetahui bahwa Yamaha akan memproduksi sepeda motor baru. Komunitas Yamaha Fazzio lahir dari rasa penasaran masyarakat akan desain yang khas dan bergaya retro. Komunitas Yamaha Fazzio didirikan sebagai hasil dari daya tarik model tersebut kepada orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak dan manula. Saat ini FOCI memiliki 40 chapter yang tersebar di seluruh Indonesia. Namun, tidak ada informasi lain mengenai anggota itu sendiri yang dihitung secara total. 

40 Chapter Dalam 4 Bulan

Karena itu Fazzio Owner Club Indonesia (FOCI) ditujukan untuk mengakomodasi para pemilik motor Fazio. Pengguna Fazzio dapat terhubung dengan pengendara lain yang memiliki hobi, minat, kebutuhan informasi, selera modifikasi, dll yang sama dengan membuat komunitas. Jumlah komunitas menjadi semakin besar setelah unit Yamaha Fazzio masuk ke pasar. Akhirnya dibentuklah organisasi nasional sampai 40 chapter mulai dari Aceh sampai Bulukumba. Komunitas terus meningkatkan aktivitasnya dalam melakukan kopdar, traveling secara kolektif.

Kegiatan Pertama Foci

Kegiatan FOCI pertama sudah berlangsung pada 26 Februari 2022 sebagai gathering untuk chapter Jakarta, dan pada 13 Maret 2022 akan diselenggarakan City Touring bersama Yamaha Jabodetabek dan Yamaha Era Motor. Komunitas FOCI telah mengumpulkan ratusan pengguna Yamaha Fazzio secara nasional meski belum sepenuhnya terbentuk hingga awal Maret 2022. Para modifikator dan influencer yang tergabung dalam komunitas FOCI Jakarta turut meramaikan beberapa anggotanya. Padahal motor besutan Yamaha ini masih tergolong baru. Pemilik sepeda motor Yamaha Fazzio dapat memperoleh banyak informasi berkat komunitas FOCI. Tidak hanya informasi produk, tetapi juga banyak teman baru dan peluang untuk mendapatkan banyak hal. Selain itu, mereka yang menyukai modifikasi dapat merekomendasikan toko aksesori atau bengkel modifikasi, serta informasi kegiatan lokal. 

 

Baca Juga