Analysis SWOT Kenali Luar Dalam Baik Buruk Perusahaan Anda

Analysis SWOT Kenali Luar Dalam Baik Buruk Perusahaan Anda

Saat mengembangkan strategi dan menganalisis masalah, Anda sering mempertimbangkan beberapa faktor yang mengelilingi masalah dan kemudian memetakannya satu per satu. Secara bertahap Anda akan menemukan rencana yang tepat dan bagaimana memecahkan masalah yang Anda hadapi dengan memetakan hal-hal yang berasal dari rencana dan masalah tersebut.

Akan lebih mudah untuk merencanakan strategi atau menganalisis suatu masalah, terutama di bidang bisnis, jika Anda menemukan cara yang tepat dalam proses menganalisisnya. Anda akan dapat memecahkan masalah Anda dengan lebih mudah jika Anda menggunakan metode perencanaan strategis dan pemecahan masalah yang tepat. Salah satu metode yang paling efektif adalah dengan menggunakan metode yang disediakan oleh serangkaian tahapan dalam analisis SWOT.

Apa Sebenarnya Analisis SWOT itu?

Analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategis untuk menilai kekuatan dan kelemahan proyek, peluang dan ancaman. Hal ini penting bagi bisnis dalam menentukan strategi, penjualan produk, dan ide bisnis baru. Analisis ini dapat digunakan pada diri Anda untuk memajukan karir Anda, selain perusahaan atau urusan bisnis.

Analisis SWOT adalah kerangka kerja untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan yang meliputi:

  1. Strenth = kekuatan
  2. Weakness = kelemahan
  3. Opportunities  = kemungkinan
  4. Threats = ancaman

Jika dirinci, unsur kekuatan dan kelemahan bersifat internal perusahaan misalnya reputasi bisnis, paten, dan lokasi pabrik. Sehingga hal itu masih bisa dikelola dari waktu ke waktu. Namun, peluang dan ancaman eksternal seperti pesaing, harga pasar akan sulit dikendalikan karena fleksibel dan berfluktuasi secara teratur. Analisis SWOT dapat digunakan oleh bisnis mana pun, kapan saja untuk menilai kondisi lingkungan yang berubah dan merespons secara proaktif.

Tujuan Analisis SOWT

Analisis SWOT dimaksudkan untuk memberikan pandangan yang realistis, berdasarkan fakta, berdasarkan data tentang kekuatan dan kelemahan organisasi, inisiatif, atau industri. Organisasi harus menjaga akurasi analisis dengan menghindari prasangka atau area abu-abu dan sebagai gantinya berfokus pada konteks dunia nyata. Perusahaan harus menggunakannya sebagai pedoman daripada resep.

Bagaimana Analisis SWOT Bekerja?

Analisis SWOT adalah teknik untuk mengevaluasi kinerja, persaingan, risiko, dan potensi perusahaan, serta bagian-bagian perusahaan seperti lini atau divisi produk, industri, atau entitas lain. Dengan menggunakan data internal dan eksternal, teknik-teknik ini dapat mengarahkan bisnis ke arah strategi yang lebih mungkin berhasil dan menjauh dari strategi yang kurang berhasil. Seorang analis analisis SWOT, investor, atau pesaing juga dapat memberi tahu mereka apakah suatu perusahaan atau industri itu kuat atau lemah.

Manfaat Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah alat yang paling efektif untuk memandu pertemuan strategi bisnis. Sangat penting untuk melibatkan banyak pihak dalam perusahaan untuk membahas kekuatan dan kelemahan inti perusahaan, serta peluang dan ancaman, sebelum melakukan brainstorming ide. Seringkali, analisis SWOT yang Anda bayangkan sebelum sesi bisa berubah untuk mencerminkan faktor-faktor yang tidak Anda sadari dan tidak akan pernah Anda tangkap jika bukan karena masukan kelompok.

Keuntungan Analisis SWOT

Manfaat analisis SWOT untuk bisnis adalah sebagai strategi untuk menentukan masa depan dalam kelangsungan bisnis. Bagaimana sebuah perusahaan menerapkan strategi misi untuk mencapai tujuan perusahaan (visi). Pemangku kepentingan menggunakannya untuk menilai keadaan internal dan faktor eksternal perusahaan. Adanya analisis SWOT membantu dalam menentukan prioritas mana yang harus diprioritaskan perusahaan. Anda tidak dapat mengetahui potensi pasar, minat dan peluang pasar yang dapat dimanfaatkan kecuali Anda melakukan analisis SWOT. Anda juga akan menyadari tingkat persaingan pasar yang tinggi untuk produk atau layanan Anda.

 

Baca Juga